Senin, 21 Januari 2013

ETIKA BISNIS PERUSAHAAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN XXX

A. Visi dan Misi Maskapai Penerbangan XXX 1. Visi maskapai penerbangan XXX adalah menjadi perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan khas orang Indonesia. 2. Misi maskapai penerbangan XXX adalah sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa ( flag carrier ) Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan layanan yang profesional. B. Sepuluh Perilaku Utama Dalam Maskapai Penerbangan XXX 1. Cepat, Tepat dan Akurat Lingkungan bisnis yang cepat berubah secara tidak terduga serta penuh dengan ketidakpastian. Hal ini menuntut maskapai penerbangan XXX harus memiliki kemampuan untuk berubah dan beradaptasi dengan cepat dan tepat. Memahami dengan baik tujuan dan sasaran kerja 2. Hemat Untuk dapat memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, perusahaan tidak cukup hanya memiliki kompetensi untuk menciptakan produk dan jasa yang memenuhi harapan pelanggan, namun juga perlu menghasilkan produk dan jasa yang efisien tanpa mengabaikan kualitas . 3. Disiplin Untuk dapat menyediakan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, Setiap Insan Maskapai Penerbangan XXX harus memiliki disiplin yang kuat dalam berkerja. 4. Bekerja Keras, Cerdas, dan Tuntas Sebagai organisasi yang dinamis, Maskapai penerbangan XXX menghadapi berbagai tantangan dan persaingan yang semakin kompetitif. Maskapai penerbangan XXX harus mengerahkan segenap kemampuan dan talenta yang dimiliki agar mampu bertahan dan berkembang, serta dapat menyelesaikan tugas pokoknya secara tuntas. Maskapai penerbangan XXX harus terus menerus meningkatkan kapasitas organisasi, sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 5. Ramah, Hangat dan Bersahabat Setiap Insan Maskapai penerbangan XXX diharapkan mampu memberikan layanan yang terbaik dan berkualitas kepada pelanggannya melalui perilaku yang ramah, hangat dan bersahabat. 6. Tanggap dan Proaktif Setiap insan maskapai penerbangan XXX harus mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan pelanggan melalui perilaku tanggap dan proaktif. 7. Kreatif dan Inovatif Dalam menghadapi persaingan bisnis, perusahaan harus senantiasa menghasilkan produk yang berdaya tinggi ( kompetitif ). Oleh karena itu, setiap insan Maskapai penerbangan XXX diharapkan mampu berpikir dan bertindak secara kreatif untuk menghasilkan inovasi produk dan layanan. 8. Jujur, Tulus dan Terbuka Dalam bekerja dan berhubungan dengan pelanggan, Insan maskapai penerbangan XXX diharapkan bersikap jujur, tulus dan terbuka. 9. Menjaga Kerahasiaan Perusahaan Perilaku yang jujur dan terbuka diharapkan tetap memperhatikan prinsip kehati – hatian agar kerahasiaan perusahaan tetap dapat terjaga dengan baik. 10. Konsisten dan Patuh Pada Aturan Perusahaan Insan Maskapai Penerbangan XXX diharapkan senantiasa menjaga integritas diri agar citra profesi dan perusahaan dapat terjaga dengan baik. C. Hubungan Maskapai Penerbangan XXX Dengan Para Insan Maskapai Penerbangan XXX 1. Keamanan dan Kenyamanan di Tempat Kerja Maskapai penerbangan XXX memastikan terpenuhinya keamanan dan kenyamanan kerja Insan Maskapai Penerbangan XXX dengan membangun fasilitas dan membangun sistem keamanan yang mengacu pada peraturan dan perundang – undangan yang berlaku. Maskapai penerbangan XXX melakukan penilaian dan evaluasi efektivitas sistem keamanan kerja secara berkesinambungan. 2. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Maskapai penerbangan XXX memastikan terpenuhinya keselamatan dan kesehatan kerja Insan Maskapai penerbangan XXX dengan membangun fasilitas, penerapan sistem keselamatan dan kesehatan kerja yang mengacu pada peraturan perundang – undangan. 3. Lingkungan Kerja Yang Kondusif Hubungan harmonis antar insan Maskapai penerbangan XXX dibangun atas dasar saling menghargai, saling percaya, saling memberikan semangat dan membina kerja sama dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masing – masing, serta menciptakan suasana kerja yang kondusif di lingkungan kerjanya. D. Hubungan Maskapai Penerbangan XXX dengan Konsumen / Pelanggan • Memenuhi semua komitmen yang telah dipublikasi kepada pelanggan • Memberikan layanan yang optimal dengan tidak membedakan suku, agama, ras, warna kulit dan status sosial. • Memberikan kemudahan akses pemesanan dan transaksi layanan penerbangan perusahaan • Memenuhi ketetapan jadwal penerbangan pelanggan • Memastikan penumpang beserta bagasinya dalam keadaan aman • Menjaga kerahasiaan informasi mengenai pelanggan E. Hubungan Dengan Para Pemegang Saham • Memenuhi hak setiap Pemegang Saham untuk mendapatkan perlakuan yang adil dan wajar sesuai peraturan perundang – undangan • Memenuhi hak setiap Pemegang saham untuk memberikan suaranya sesuai dengan klasifikasi dan jumlah saham yang dimilikinya • Menjamin transaksi pembelian dan penjualan saham secara terbuka sesuai dengan mekanisme pasar yang berlaku • Memastikan setiap pelaporan, pernyataan, dan pengungkapan informasi kepada investor harus transparan, jelas, dan akurat lengkap serta tidak mengandung hal – hal yang disalahtafsirkan kecuali untuk informasi • Memastikan pembagian dividen diputuskan oleh pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham, didasarkan pada Kepentingan Perusahaan, dengan melihat berbagai hal seperti kelangsungan usaha, strategi yang akan dijalankan serta rencana investasi F. Hubungan Dengan Para Pesaing • Membangun pasar yang terbuka untuk perdagangan dan investasi • Mendorong kompetisi yang sehat dan bermanfaat secara sosial dan perilaku yang menghormati antar pesaing. • Menghormati hak cipta dan karya intelektual pesaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut