Ilmu ekonomi mikro (sering juga di tulis mikro ekonomi) adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dan harga-harga pasa dan kualitas faktor input, barang atau jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagi keputusan dan perilaku tersebut mepengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa yang menentukan harga dan bagai mana harga, pada giliran menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.
Individu yang melakukan kobinasi atau produk secara optimal, bersama-sama individunya dipasar, akan membentuk suatu keseimbangan dengan asumsi bahwa semua hal tetap sama (ceteris peribus).
Konsumen dan konsumsi memiliki pengertian yang merujuk pada sutau pernyataan yang ada. Konsumen adalah seseorang atau sekelompok yang mengkonsumsi suatu barang atau jasa. Sedangkan yang dimaksud dengan konsumsi yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mengkosnsumsi barang dan jasa.
Konsumsi seseorang tergantung pada pendapatan, pendidikan kebiasaan dan kebutuhan.
Perilaku konsumen yaitu, perilaku yang kosumen tujukan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai mengatur, barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.
1.Definisi perilaku konsumen dari para ahli yaitu1.1Metode–Metode Penelitian Perilaku Konsumen
1.Macam-macam penelitian konsumen
Ada dua macam penelitian konsumen, yaitu penelitian yang bersifat eksplorasi dan penelitian tentang kesimpulan konsumen
a.Penelitian ekplorasi
Metode yang digunakan dalam penelitian ekplorasi konsumen adalah metode mempengaruhi dan metode memfokuskan kelompok.
1.Metode mempengaruhi konsumen
Melalui pemberian sugerti kepada konsumen secara sepontan
2.Metode memusatkan atau mempokuskan kelompok konsumen. Kelompok konsumen tersebut mengasosiasi kanya secara bebas terhadap masalah-masalah yang ada dalam pasal.
b.Pendekatan penelitian konsumen
Penelitian eksplorasi tidak di rencanakan untuk menyimpulkan jawaban dalam meneliti pertanyaan yang diberikan konsumen. Oleh karena itu, peneliti megenai kesimpulan konsumen terhadap sutu produk, mereka dan pelayanan itu penting peneliti kesimpulan konsumen dapat juga digunakan menentukan apa yang mempengaruhi konsumen
2.Pendekatan penelitian konsumen
Ada dua pendekatan penelitian, yaitu pendekatan penelitian cross-soctional dan longitudinal.
a.Pendekatan penelitian cross-sectional
Pendekatan ini di maksud untuk meneliti aspek-aspek perilaku konsumen yang menggunakan waktu secara relative singkat misalnya meneliti perubahan perilaku konsumen pada watu tertentu mempelajari nilai dan sikap kosumen terhadaf suatu produk dalm momen waktu tertentu.
b.Pendektan penelitian logitudinal
Pendekatan ini dimaksud untuk meneliti-aspek perilaku konsumen yang terjadi dalam beberapa periode waktu tertentu,
Misalnya : mengadakan penelitian mengenai pendekatan masyarakat tentang suatu produk dapat bertahan selama beberapa waktu.
Pendekatan penelitian longitudinal dilakukan pada periode waktu yang relative lama, sedangkan pendekatan penelitian cross-sctional menggnakan waktu yang relative singkat atau sesaat.
3.Metode-metode penhumpulan informasi konsumen
Ada tiga metode pengumpulan informasi kosumen, yaitu metode observasi, ekspresimen dan survai.
a.Metode observasi
Salah satu mempelajair konsumen adalah dengan cara mengobservasi perilakunya yang tampak, misalnya mengamati kebiasaan konsumen member produk merk tertentu, sikap dan penilaiyan konsumen terhadap suatu produk atau merk, jenis-jenis yang paling disukai oleh konsumen .
b.Metode ekspesimen metode ini merupakan metode pengumpulan dengan cara mengadakan ekspresimen atau percobaan terhadap situasi.
Misalnya: mengukur pengaruh situasi khusus terhadap sikap dan prilaku membeli.
Metode ekspresimen terdiri dari eksperimen laboratorium, dan eksperimen lapangan.
1.Eksperimen Laboratorium
Percobaan yang dilakukan dilaboratorium adalah untuk mengontrol variabel-variabel dari luar.
Misanya : mengadakan percobaan terhadap kesukaan konsumen.
2.Eksperimen Lapangan
Perconaan ini dilakukan untuk mengetahui respon konsumen terhadap sutu produk, merek baru yang di perkenalkan atau dipasarkan. Dapat juga untuk mengetahui pengaruh harga, iklan terhadap pemasaran produk, atau merek baru.
c.Metode Survai
Metode pengumpukan data atau informasi konsumen melakukan partisipsi secara aktif.
Ada tiga teknik dalam metode survai, yaitu wawancara pribadi (personal interview), survai melalui telepon (teleponsuveys), dan survai melalui surat (mail surveys)
1.Wawcara pribadi
Teknik pengumpulan informasi yang di lakikan dengan infrmasi secara langsung berhadap-hadapan antara pewawancara (interviewer) dengan konsumen.
2.Survei melalui telepon
Teknik pengumpulan informasi konsumen melalui telepon dimaksud untuk mengetahui pendapat konsumen terhadap penggunaan barang yang telah di belinya.
3.Survai melalui surat
Teknik pengumpulan melalui surat dimaksud untuk menyebar luaskan kuisioner kapada konsumen melalui metode pos.
Tujuan survei melalui surat antara lain adalah untuk medapat informasi mengenai tanggapan dan perilain konsumen terhadap suatu produk.
1.2 Teori Perilaku Konsumen
Teori perilaku konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan : pendekatan nilai guna (utiliti) dan pendekatan nilai guna ordinal.
Dalam pendekatan nilai guna cardinal dianggap manfaat atau kenikmatan yang diperoleh seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantintatif. Berdasarkan kepada pemisalan ini, dan dengan anggapan bahwa konsumen akan memaksimalkan kepuasan yang dapat dicapainya, diterangkan bagaimana seseorang akan menentukan kosumennya keatas berbagai jenis barang yang terdapat dipasar. Dalam pendekatan nilai guna ordinal,manfaat atau kenikmatan yang diperoleh dari masyarakat yang dikonsumsi barang-barang tidak dikuantifikasi.
Tingkah laku seorang konsumen untuk memiliki barang-barang yang akan memaksimalkan kepuasan ditunjukan dengan bantuan kurva kepuasan sama, yaitu kurva yang menggambarkan gabungan barang yang akan memberikan nilai guna (kepuasan yang sama). :
Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan
Definisi lain adalah bagaimana konsumen mau mengelurkan suberdayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendafatkan barang atau jasa yang diinginkan.
2.Variable-variabel dalam mempelajari perilaku konsumen yaitu :
a.Variabel Stimulus
Variabel stimulus merupakan variabel yang berada di luar diri individu (vaktor eksternal) yang sangat berpengaruh dlam proses pembelian. Contohnya merek dan jenis barang, iklan pramuniaga.
b.Variabel Respon
Variabel Respon merupakan hasil aktipasi indifidu sebagai reaksi dari variabel stimulus. Variablel Respon sangat bergantung pada faktor individu dan kekuatan stimulus contohnya keputusan membeli barang, pembeli penilaian terhadap barang
c.Variabel Interverning
Variabel Interverning adalah variabvel antara variabel stimulus dan respons variabel intervening individu, termasuk motif-motif membeli, sikap terhadap suatu peristiwa, dan persepsi terhadap suatu barang.
Peranan paribael intervening adalah untuk memodifikasi respons1.1Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Ada dua dari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku consume, yaitu kekuatan sosial budaya dan kekuatan psokologis.
Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan (small reference groups) dan keluarga.
Sedangkan kekuatan pisokologis terdieri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan, gambaran diri.
1.Kekuatan Sosial Budaya
a.Faktor budaya
Budaya dafat di deviniskan sebagai hasil kreativiras manusia dari satu generasi ke generasi lainnya yang sangat menentukan bentuk perilaku dalam kehidupan sebgai anggota masyarakat.
Implikasi umum dari perubahan budaya untuk ahli permasalahan adalah sebagai berikut :
1.Pisikologis untuk cenderung bebas dari ketidak amanan ekonomis. Konsumen menunjukan :
a.Kecenderungan kearah meningkatkan kekuatan fisik
b.Kecenderungan kearah personalisasi
2.Kecenderungan pada paham antifungisonal
a.Kecenderungan kearah aliran romantis baru
b.Kecenderungan ke arah suatu yang baru dan suatu perubahan
3.Kecenderungan rekasi melawan komplekasi
Konsumen menunjukan :
a.Kecenderungan ke arah hidup sederhana
b.Kecenderungan kembali kepada alam
b.Faktor Kelas Sosial
Kelas sosial didefiniskan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang mempunyai kedudukan yang seimbang dalam masyarakat.
c.Faktor kelompok anutan (small refrence group)
Didefinisikan sebagai sutau kelompok orag yang mempengaruhi sikap, pendafat, norma dan perilaku kinsmen.
Kelmpok ini merupakan kumpulan keluarga, kelompok atau organisasi tersebut.
d.Faktor keluarga
Sutau unit masyarakat kecil yang perilaku sangat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan keputusan membeli.
2.Kekutan Faktor Pisikologis
a.Faktor pengalaman kerja
Belajar adalah satu perubahan perilaku akibat penalaman sebelumnya.
Perilaku konsumen dapat dipelajari karena sangat dipengaruhi oleh pengalam belajarnya. Pengalaman belajar konsumen akan menentukan tindakan keputisan membeli.
b.Faktor Kepribadian
Kepribadian konsumen sangat ditentukan oleh faktor internal dirinya. Pelayanan yang di tampilkan pramuniaga toko sangat pila dipengaruhinya.
c.Faktor sikaf dan keyakinan
Sikaf dan keyakinan sangat berpengruh dalam menenentukan siatu produk, merk dan pelayanan. Keyakinan komsumen terhadap sutu merk dapat di ubah mealaui kominikasi persuasife.
d.Konsep diri atau self concept
Perlu menciptakan sesuatu yang sesuai dengan yang di harapkan oleh konsumen.
Senin, 17 Oktober 2011
Pengertian Konsumen, Konsumsi dan Perilaku Konsumen
Dalam Ilmu Ekonomi Mikro yang dimaksud dengan konsumen kegiatan konsumen adalah seseorang atau kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan konsumsi barang atau jasa.
Pengertian lain tentang konsumen adalah orang atau sesuatu yang membutuhkan, menggunakan dan memanfaatkan barang atau jasa.
Konsumen biasa memiliki kebiasaan dan tikah laku yang berbeda-beda. Di desa berbeda dengan kebiasaan yang ada di kota, tergantug pada jumlah pendapatan mereka.
Konsumen adalah seseorang yang mengkonsumsi suatu barang atau jasa.
Maka konsumsi seseorang itu tergantung pada : pendapatan, pendidikan kebiasaan dan kebutuhan.
Adapun pengetrian perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki dan memoerbaiki sutu peroduk dan jasa mereka. Fokus dari perilaku konsumen adalah bagai mana individu membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatau barang.
1.James F Engel
Perilaku konsumen di definisikan tindak-tindakan individu secara langsung terlibata dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk proses pengambilan kepustusan yang mendahuli dan menentukan tindakan-tindakan tersebut (1988:8)
2.David L Loundon
Perilaku konsumen dapat diDefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang atau jasa (1984:6)
3.Gerald Zaltman
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai sutu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan dumber-sumber lainya. (1979:6)
Dari beberapa Definisi tersebut di atas maka dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individum, kelompok, atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapakan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonimi yang dafat di pengaruhi linkungan.
Pengertian lain tentang konsumen adalah orang atau sesuatu yang membutuhkan, menggunakan dan memanfaatkan barang atau jasa.
Konsumen biasa memiliki kebiasaan dan tikah laku yang berbeda-beda. Di desa berbeda dengan kebiasaan yang ada di kota, tergantug pada jumlah pendapatan mereka.
Konsumen adalah seseorang yang mengkonsumsi suatu barang atau jasa.
Maka konsumsi seseorang itu tergantung pada : pendapatan, pendidikan kebiasaan dan kebutuhan.
Adapun pengetrian perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki dan memoerbaiki sutu peroduk dan jasa mereka. Fokus dari perilaku konsumen adalah bagai mana individu membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatau barang.
1.James F Engel
Perilaku konsumen di definisikan tindak-tindakan individu secara langsung terlibata dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk proses pengambilan kepustusan yang mendahuli dan menentukan tindakan-tindakan tersebut (1988:8)
2.David L Loundon
Perilaku konsumen dapat diDefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang atau jasa (1984:6)
3.Gerald Zaltman
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai sutu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan dumber-sumber lainya. (1979:6)
Dari beberapa Definisi tersebut di atas maka dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individum, kelompok, atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapakan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonimi yang dafat di pengaruhi linkungan.
Jumat, 23 September 2011
ZatAsamEmpeduBeruangJagaIramaJantung.
Gangguandanpenyakitjantungmasihmenjadipembunuhnomorsatu di dunia.Sebab, selainmenyerang orang dewasadananak–anak, penyakittersebutjugamenyerangjanin.
S
ejumlah penelitidari Imperial College London yang melakukanrisetuntukmencegahterjadinyagangguanpadairamajantungpadaakhirnyamembuahkanhasil. Hasilpenelitian di antaranyamenunjukkanempeduberuangdapatmencegahterjadinyagangguaniramajantung.Hal itudisebabkanempeduberuangmengandungsenyawadisintesisbernamaasamursodeoxycholic(UDCA).
Asamitudiproduksisebagaiobatuntukmengurangiproduksikolestroldalamtubuhdanmelarutkanbatuempedu.Penggunaanzat UDCA kerapdijumpaipadaobat–obatantradisional di China.Sejakdulu, masyarakat China dikenalmemproduksiobat–obatandarizatkandunganempeduberuang.
Penelitianterbarumengungkapkanfungsi lain dariasamursodeoxycholic, yaituberpotensimengobatiaritmiaatauiramajantung yang abnormal, baikpadajanin di dalamkandunganmaupun orang yang pernahterkenaseranganjantung. Ujilaboratoriummenunjukkanbahwa UDCA bekerjapadasel yang disebutnonintimiofibrolaspatologis, yang menggangguperjalanansinyallistrik di jantung.Sinyallistrikitulah yang menghasilkaniramajantung.
Selamaini UDCA telahdigunakanuntukmengobatikondisi yang disebutkolestasisobstetric. kolestasisobstetricialahkomplikasipadatrisemesterpertamakehamilan yang menyebabkanpenumpukanasamempedudalamalirandarah. Gejalautamanyaadalahgatalterus–menerus.Ada kemungkinansedikitpeningkatanrisikokomplikasikehamilan, tapibuktitersebuttidakmeyakinkan.Gejalaitumenghilangketikawanitamelahirkan.
Beberapaobatdapatmembantuuntukmeringankangatal–gatal.Kondisikolestasisobstetricterjadipadasatudari 200 wanitahamil di Inggrisdanterkaitdenganrisiko yang lebihtinggidariaritmiadankematianmendadakpadajanin.UDCA jugamenurunkantingkatasamempeduberbahaya yang terkumpuldalamdarahibudandapatmasukkejaninataubayimelaluiplasenta.
Penelitiantersebutdipublikasikanpertamakalinyauntukmenunjukkanbahwa UDCA dapatmencegaharitmiadenganmengubahsifatlistrikselmiofibroblas.Sel–selituditemukan di jantungjanin, tetapisegerahilangsetelahbayilahir.Namun, merekamunculkembalipadapasien yang terkenaseranganjantung.Studitersebutmenemukanbahwasel–selitumengganggutransmisisinyallistrik yang mengontroliramajantung.
Jantungjanin.
Rangkaianpenelitianitumerupakanhasilkolaborasijangkapanjang di antaraduakelompokpeneliti yang dipimpin Dr Julia Gorelik di National Heart danParu Institute danProfesor Catherine Williamson di InstitutBiologiReproduksidanPerkembangan.Dr Julia Gorelikmengakubanggadenganhasilpenelitiantimnya.Sebab, selamainiperawatan yang adasangattidakefektifuntukmencegaharitmiapadapasien yang menderitairamajantung yang abnormal setelahseranganjantungterjadi.
“Hasildarilaboratoriummenunjukkanbahwa UDCA dapatmembantuototjantungmelakukansinyallistriklebih normal. Kami berharapdapatmelakukansebuahpercobaanklinisgunamengujiapakahhasilinidapatdilakukanpadapasiengagaljantung ,”ujarnya.
Para penelitimenjaditertarikolehperanmiofibroblassetelahmengamatiperanantersebutmuncul di jaringanjantungjaninpadatrismesterkeduadanketigakehamilan.Kematianmendadakpadabayiumumnyadipengaruhikolestasisobstetric.Penelitijugamenelitimiofibroblaspadasel–selototjantungdanmembuat model untukmempelajarijantungjanin.
Kemudianmerekamencobamenggunakansejumlahteknikmikroskopiskhususuntukmempelajaribagaimanaselberkomunikasidengansinyallistrik.Mengeksposseltingkattinggidariasamempedu, seperti yang ditemukanpadaibudandarahjaninpadakolestasisobstetric, menyebabkanselmemberisinyallistriklebihlambatdanmeningkatkankemungkinanaritmia.
Efekitutidakterlihatketikatidakadamiofibroblas di antarasel–selototjantung, sepertipadajantung orang dewasa yang sehat.Sel yang diobatidengan UDCA mengubahsifatlistrikdanmiofibroblasdansinyal–sinyallistrik yang disebarkan di seluruhselmenjaditeratur.
“Miofibroblasmemengaruhipropagasisinyallistrik yang mengoordinasikanfungsipemompaanjantung,” kata Dr Michele Miragoli, penulispertamastuditersebut.Propagasimerupakan proses penyebaransinyaldarisatutempatketempatlain, yaknidalamhalinisinyallistrik yang dihasilkanjantung.
“Komplikasidarikolestasisobstetricterjadi paling seringpada trimester terakhirkehamilan, ketikaterjadikepadatanmiofibroblastertinggipadajantungjanin.studi kami menunjukkanbahwapenampakansel–selmiofibroblasmembuatjaninrentanterhadaparitmia di kolestasisobstetric. Kami berpikirbahwapenargetansel–selinibiasmenjadipendekatanbaru yang pentinguntukmencegahiramajantung abnormal, tidakhanyapadajanin, tetapijuga orang – orang yang memilikiseranganjantung, “terang Dr Michele.
Para penelitisepakatmengembangkanpenelitian itu.
S
ejumlah penelitidari Imperial College London yang melakukanrisetuntukmencegahterjadinyagangguanpadairamajantungpadaakhirnyamembuahkanhasil. Hasilpenelitian di antaranyamenunjukkanempeduberuangdapatmencegahterjadinyagangguaniramajantung.Hal itudisebabkanempeduberuangmengandungsenyawadisintesisbernamaasamursodeoxycholic(UDCA).
Asamitudiproduksisebagaiobatuntukmengurangiproduksikolestroldalamtubuhdanmelarutkanbatuempedu.Penggunaanzat UDCA kerapdijumpaipadaobat–obatantradisional di China.Sejakdulu, masyarakat China dikenalmemproduksiobat–obatandarizatkandunganempeduberuang.
Penelitianterbarumengungkapkanfungsi lain dariasamursodeoxycholic, yaituberpotensimengobatiaritmiaatauiramajantung yang abnormal, baikpadajanin di dalamkandunganmaupun orang yang pernahterkenaseranganjantung. Ujilaboratoriummenunjukkanbahwa UDCA bekerjapadasel yang disebutnonintimiofibrolaspatologis, yang menggangguperjalanansinyallistrik di jantung.Sinyallistrikitulah yang menghasilkaniramajantung.
Selamaini UDCA telahdigunakanuntukmengobatikondisi yang disebutkolestasisobstetric. kolestasisobstetricialahkomplikasipadatrisemesterpertamakehamilan yang menyebabkanpenumpukanasamempedudalamalirandarah. Gejalautamanyaadalahgatalterus–menerus.Ada kemungkinansedikitpeningkatanrisikokomplikasikehamilan, tapibuktitersebuttidakmeyakinkan.Gejalaitumenghilangketikawanitamelahirkan.
Beberapaobatdapatmembantuuntukmeringankangatal–gatal.Kondisikolestasisobstetricterjadipadasatudari 200 wanitahamil di Inggrisdanterkaitdenganrisiko yang lebihtinggidariaritmiadankematianmendadakpadajanin.UDCA jugamenurunkantingkatasamempeduberbahaya yang terkumpuldalamdarahibudandapatmasukkejaninataubayimelaluiplasenta.
Penelitiantersebutdipublikasikanpertamakalinyauntukmenunjukkanbahwa UDCA dapatmencegaharitmiadenganmengubahsifatlistrikselmiofibroblas.Sel–selituditemukan di jantungjanin, tetapisegerahilangsetelahbayilahir.Namun, merekamunculkembalipadapasien yang terkenaseranganjantung.Studitersebutmenemukanbahwasel–selitumengganggutransmisisinyallistrik yang mengontroliramajantung.
Jantungjanin.
Rangkaianpenelitianitumerupakanhasilkolaborasijangkapanjang di antaraduakelompokpeneliti yang dipimpin Dr Julia Gorelik di National Heart danParu Institute danProfesor Catherine Williamson di InstitutBiologiReproduksidanPerkembangan.Dr Julia Gorelikmengakubanggadenganhasilpenelitiantimnya.Sebab, selamainiperawatan yang adasangattidakefektifuntukmencegaharitmiapadapasien yang menderitairamajantung yang abnormal setelahseranganjantungterjadi.
“Hasildarilaboratoriummenunjukkanbahwa UDCA dapatmembantuototjantungmelakukansinyallistriklebih normal. Kami berharapdapatmelakukansebuahpercobaanklinisgunamengujiapakahhasilinidapatdilakukanpadapasiengagaljantung ,”ujarnya.
Para penelitimenjaditertarikolehperanmiofibroblassetelahmengamatiperanantersebutmuncul di jaringanjantungjaninpadatrismesterkeduadanketigakehamilan.Kematianmendadakpadabayiumumnyadipengaruhikolestasisobstetric.Penelitijugamenelitimiofibroblaspadasel–selototjantungdanmembuat model untukmempelajarijantungjanin.
Kemudianmerekamencobamenggunakansejumlahteknikmikroskopiskhususuntukmempelajaribagaimanaselberkomunikasidengansinyallistrik.Mengeksposseltingkattinggidariasamempedu, seperti yang ditemukanpadaibudandarahjaninpadakolestasisobstetric, menyebabkanselmemberisinyallistriklebihlambatdanmeningkatkankemungkinanaritmia.
Efekitutidakterlihatketikatidakadamiofibroblas di antarasel–selototjantung, sepertipadajantung orang dewasa yang sehat.Sel yang diobatidengan UDCA mengubahsifatlistrikdanmiofibroblasdansinyal–sinyallistrik yang disebarkan di seluruhselmenjaditeratur.
“Miofibroblasmemengaruhipropagasisinyallistrik yang mengoordinasikanfungsipemompaanjantung,” kata Dr Michele Miragoli, penulispertamastuditersebut.Propagasimerupakan proses penyebaransinyaldarisatutempatketempatlain, yaknidalamhalinisinyallistrik yang dihasilkanjantung.
“Komplikasidarikolestasisobstetricterjadi paling seringpada trimester terakhirkehamilan, ketikaterjadikepadatanmiofibroblastertinggipadajantungjanin.studi kami menunjukkanbahwapenampakansel–selmiofibroblasmembuatjaninrentanterhadaparitmia di kolestasisobstetric. Kami berpikirbahwapenargetansel–selinibiasmenjadipendekatanbaru yang pentinguntukmencegahiramajantung abnormal, tidakhanyapadajanin, tetapijuga orang – orang yang memilikiseranganjantung, “terang Dr Michele.
Para penelitisepakatmengembangkanpenelitian itu.
BUNUH DIRI SIMBOL KEHORMATAN DI NEGARA JEPANG
Jepang adalah Negara yang terkenal dengan semangat bunuh diri yang dikaitkan dengan patriotisme seseorang.Daripada malu karena gagal dalam perjuangan, seorang jepang akan merasa terhormat jika dia bunuh diri. Busido adalah sebutan untuk semangat bunuh diri seorang ksatria yang kalah perang.Bunuh diri di Jepang sekarang banyak dipengaruhi kegiatan chatting tak terarah di internet.Mereka saling berhubungan dan saling mengajak bunuh diri bersama – sama.
Di kalangan masyarakat Jepang ada kategori aib yang dapat memicu orang untuk bunuh diri.Aib yang dimaksud adalah aib pribadi.Ukuran besar kecilnya suatu aib tergantung masing – masing pribadi.Nah, pertanyaannya, kenapa di Jepang begitu mudah orang mudah bunuh diri?Karena bagi mereka, pemahaman kematian berbeda dengan kita.Kalau kita bunuh diri itu sesuatu yang bertentangan dengan norma agama dan akibatnya bisa masuk neraka.
Sedangkan bagi mereka bunuh diri itu merupakan sesuatu yang terhormat, daripada menanggung malu.Ada yang namanya semangat busido, yaitu cerita ksatria samurai zaman dulu yang daripada dia kalah perang atau ditawan dan malu, lebih terhormat jika dia bunuh diri.
Jadi faktor yang mempengaruhi ada faktor psikologi danada faktor patriotisme.Kalo dari psikologinya kan dia sudah putus asa. Tapi lebih banyak patriotismenya.Tidak jarang anak SD saja bisa bunuh diri gara – gara tidak naik kelas atau rapornya jelek, dan itu sudah terjadi dari tahun 70 an. Setiap musim kenaikan kelas ada 30 anak kedapatan bunuh diri. Ada juga kejadian sekarang ini karena stress.Bahkan setiap hari ada kasus bunuh diri karena stress, termasuk karena putus cinta. Umumnya anak muda.
Lebih banyak bukan karena putus cinta tapi karena menanggung malu akibat tidak naik kelas atau tidak lulus ujian di sekolah atau perguruan tinggi. Memang karakter heroiknya kuat.Misalnya beberapa waktu lalu, ketika ada kejadian tabrakan kereta api, atau dulu pernah ada kejadian pesawat Japan Airlines jatuh, meskipun itu sebenarnya musibah tapi pimpinan lembaga – lembaga publik itu turun semua, tanpa disuruh atau diminta. Jadi sifat sportif atau ksatrianya besar sekali.
Sampai direktur yang turun itu keliling ke rumah –rumah korban satu persatu untuk minta maaf. Walaupun bawahannya yang melakukan kesalahan.Begitu juga setelah kejadian tabrakan kereta api yang merenggut nyawa 107 orang, semua pimpinannya minta maaf, tidak pakai alasan atau menyalahkan ini-itu, atau cari kambing hitam. Jadi alasan mereka bunuh diri itu bisa sama banyak dan sama kuat dengan minta maaf.
Waktu lalu ada kejadian korupsi dan ketahuan, koruptornya lalu bunuh diri, karena merasa malu besar.Padahal korupsinya cuma “sedikit”, cuma beberapa juta yen.
Bagaimana dengan kalangan anak muda?Kebanyakan mereka bunuh diri gara –gara gagal sekolah atau gagal karier, misalnya dipecat, bukan karena asmara. Kasus konflik keluarga boleh dikata tidak ada, cuma sedikit sekali.Konflik keluarga itu malah terbalik, dia bukan bunuh diri tapi dia membunuh.
Anak bisa membunuh orang tuanya sendiri.Jadi lebih berpikir ke diri sendiri, kalo ada orang lain salah dia bunuh atau entah siapa yang salah kalau kesalahannya terlalu diungkit lalu timbul rasa malu, dia bisa menyerang balik, pernah kejadian satu keluarga dibunuh salah seorang anak di dalam rumah itu.
Zaman dahulu ada faktor sistem pendidikan mereka yang ketat sekali, istilah mereka itu “ ibu pendidik “. Misalnya kalo lulus dari SD ini hanya bisa masuk SMP itu. Terus kalo dari SMP itu hanya bisa masuk SMA yang tertentu juga.Dari kecil mereka sudah dipaksa belajar dengan keras dan diarahkan supaya mereka bisa masuk ke sekolah yang dituju.Nah, sekarang ini banyak kasus yang meledak hingga banyak orang tua yang takut sama anak. Anak – anak jadi galak, mulai tidak mau sekolah gara – gara tekanan dan didikan dari kecil.Misalnya dari TK A, pilihan SD nya sudah terbatas, demikian juga kalo mau ke SMP, SMA.Bahkan sampai Universitasnya terbatas.
Jadi orang tua peranannya besar, mulai dari kecil untuk mendidik lebih keras.Faktor ini yang membuat kegagalan menjadi besar, lingkunganlah yang membuat kegagalan jadi besar.Kalo kita kan berfikir tidak naik kelas saja kok bunuh diri. Bagi mereka itu suatu rentetan masa depan. Ini yang jadi masalah, malu terhadap teman – teman, takut terhadap orang tua.Jadi orang tua sekarang takut anak mereka nekat – nekat.Bukan Cuma takut mereka nekat bunuh diri tapi juga mereka bisa menganiaya orang tuanya sendiri.
Sifat bunuh diri itu memang sifat turun temurun dari zaman perang.Kasus bunuh diri ini tiap hari pasti ada di seluruh jepang.Gambaran pahlawan yang paling berpengaruh itu dari zamannya Perang Dunia II.Banyak orang yang masuk cerobong Kamikaze, pesawat yang mereka awaki dijatuhkan ke cerobong kapal perang musuh sampai meledak dan tenggelam.
Itu mereka bilang mati terhormat.Jadi bukan kecewa tapi mengorbankan diri.Tapi itu kan situasi yang mendesak, lebih baik ikut daripada dibilang penakut. Jadi kuncinya ya balik lagi ke rasa malu terhadap diri sendiri.Kamikaze itu satu pola resmi, suatu pasukan untuk bunuh diri.Jadi mereka menyiapkan diri untuk mati.Itu yang mati mulai umur 16 sampai 20 tahunan.
Bedanya dengan bom bunuh diri, kamikaze tidak bikin terror.Pokoknya ada hubungannya dengan kesatriaan .seperti samurai, kalau kalah dan tidak terbunuh pasti malu. Kalau teroris itu sakit hati dengan orang, pasang bom di badan sendiri terus membunuh banyak orang.Kalo kamikaze ya membunuh badan sendiri.
Beda dengan di negeri kita, banyak sekali yang bunuh diri karena putus cinta atau kondisi ekonomi.Kalau di Jepang justru karena malu, sudah berusaha dengan keras tapi masih gagal.Kalo putus cinta bukan karakter heorik tapi keputusasaan.Dan mereka sebenarnya bukan orang yang cepat putus asa.
Kenapa di jepang sampai ada fenomena seperti itu, karena di sana tidak ada peran agama. Di sekolah tidak diajarkan pelajaran agama, sehingga generasi muda Jepang sekarang ini bisa dibilang tidak punya agama. Kalo dulu dirumah orang – orang tua masih kelihatan ada tempat – tempat untuk sembahyang agama Shinto.
Sekarang sudah tidak ada.Jadi sudah seperti atheis.Ciri – cirinya yang paling kelihatan, mereka menikah secara Kristen atau Katholik di gereja, ikut merayakan Natal, mereka percaya Tuhan, tapi mereka tidak tahu peran Tuhan dalam hidup mereka, tidak tahu hukum – hukum Tuhan.
Jadi mereka cuma tahu Tuhan itu yang menciptakan.Hanya itu.Yang menentukan hidup mereka di dunia ini hanya jerih payah mereka.Urusannya nanti setelah mati mereka ke mana itu ada.Kalau mereka berbuat baik ya bisa masuk surga, kalau jahat masuk neraka .mereka bisa menikah secara Kristen, meninggal secara Shinto. Jadi agama itu bukan satu way of life mereka.Jadi yang perlu ditanamkan pada anak – anak kita itu agama harus dijadikan way of life.
Orang zaman dulu lebih tahan dengan konflik.Lain dengan anak – anak zaman sekarang, begitu ada konflik sedikit sudah tidak tahan dan lebih mudah bunuh diri.Figthing spirit nya lemah.
Sebenarnya benteng terkahirnya keluarga, tapi semua keluarga di Jepang menganut hal yang sama. Mereka memang tidak punya sifat pasrah, pasrah kepada Tuhan atau pasrah terhadap masalah.Nah, pola keluarga seperti itu sudah mulai masuk ke sini. Waktu mereka dengan keluarga itu sedikit, bisa – bisa dampaknya sama seperti di Jepang. Seperti Jepang kira – kira 20 tahun lalu. Orang kerja dari pagi sampai malam.Anak – anak tidak diarahkan.
Bunuh diri di jepang sekarang banyak pengaruh darichatting internet. Mereka saling berhubungan dan saling mengajak bunuh diri sama– sama. Sering mereka bunuh diri sama– sama di dalam mobil. Ini yang lagi tren.Makanya sekarang di Jepang banyak di bangun tempat bermain anak – anak, lapangan – lapangan dengan pelatih – pelatih, untuk menjauhkan anak – anak dari chatting atau email tidak terarah melalui internet.
Kemudian mereka dihimbau untuk mengurangi nonton film, karena banyak anak – anak bunuh diri dengan cara gantung diri karena menonton film. Film – film drama pada umumnya. Ada kasus anak kecil ( SD ) bunuh orang, karena dia berpikir orang yang dibunuh di suatu film bisa hidup lagi di film lain. Jadi dia bunuh orang karena dia berpikir orang itu bisa hidup lagi di tempat lain. Itu semua karena orang tua tidak pernah mengajarkan atau memberi pengertian yang sebenarnya.
Jadi sekarang mereka banyak dihimbau untuk bermain diluar, bersosialisasi, membagi waktu. Jepang bagus sekali untuk dijadikan acuan untuk mengantisipasi kejadian yang sama di Negara kita. Anehnya olahragawan jarang bunuh diri, yang banyak itu yang kurang bersosialisasi.
Di kalangan masyarakat Jepang ada kategori aib yang dapat memicu orang untuk bunuh diri.Aib yang dimaksud adalah aib pribadi.Ukuran besar kecilnya suatu aib tergantung masing – masing pribadi.Nah, pertanyaannya, kenapa di Jepang begitu mudah orang mudah bunuh diri?Karena bagi mereka, pemahaman kematian berbeda dengan kita.Kalau kita bunuh diri itu sesuatu yang bertentangan dengan norma agama dan akibatnya bisa masuk neraka.
Sedangkan bagi mereka bunuh diri itu merupakan sesuatu yang terhormat, daripada menanggung malu.Ada yang namanya semangat busido, yaitu cerita ksatria samurai zaman dulu yang daripada dia kalah perang atau ditawan dan malu, lebih terhormat jika dia bunuh diri.
Jadi faktor yang mempengaruhi ada faktor psikologi danada faktor patriotisme.Kalo dari psikologinya kan dia sudah putus asa. Tapi lebih banyak patriotismenya.Tidak jarang anak SD saja bisa bunuh diri gara – gara tidak naik kelas atau rapornya jelek, dan itu sudah terjadi dari tahun 70 an. Setiap musim kenaikan kelas ada 30 anak kedapatan bunuh diri. Ada juga kejadian sekarang ini karena stress.Bahkan setiap hari ada kasus bunuh diri karena stress, termasuk karena putus cinta. Umumnya anak muda.
Lebih banyak bukan karena putus cinta tapi karena menanggung malu akibat tidak naik kelas atau tidak lulus ujian di sekolah atau perguruan tinggi. Memang karakter heroiknya kuat.Misalnya beberapa waktu lalu, ketika ada kejadian tabrakan kereta api, atau dulu pernah ada kejadian pesawat Japan Airlines jatuh, meskipun itu sebenarnya musibah tapi pimpinan lembaga – lembaga publik itu turun semua, tanpa disuruh atau diminta. Jadi sifat sportif atau ksatrianya besar sekali.
Sampai direktur yang turun itu keliling ke rumah –rumah korban satu persatu untuk minta maaf. Walaupun bawahannya yang melakukan kesalahan.Begitu juga setelah kejadian tabrakan kereta api yang merenggut nyawa 107 orang, semua pimpinannya minta maaf, tidak pakai alasan atau menyalahkan ini-itu, atau cari kambing hitam. Jadi alasan mereka bunuh diri itu bisa sama banyak dan sama kuat dengan minta maaf.
Waktu lalu ada kejadian korupsi dan ketahuan, koruptornya lalu bunuh diri, karena merasa malu besar.Padahal korupsinya cuma “sedikit”, cuma beberapa juta yen.
Bagaimana dengan kalangan anak muda?Kebanyakan mereka bunuh diri gara –gara gagal sekolah atau gagal karier, misalnya dipecat, bukan karena asmara. Kasus konflik keluarga boleh dikata tidak ada, cuma sedikit sekali.Konflik keluarga itu malah terbalik, dia bukan bunuh diri tapi dia membunuh.
Anak bisa membunuh orang tuanya sendiri.Jadi lebih berpikir ke diri sendiri, kalo ada orang lain salah dia bunuh atau entah siapa yang salah kalau kesalahannya terlalu diungkit lalu timbul rasa malu, dia bisa menyerang balik, pernah kejadian satu keluarga dibunuh salah seorang anak di dalam rumah itu.
Zaman dahulu ada faktor sistem pendidikan mereka yang ketat sekali, istilah mereka itu “ ibu pendidik “. Misalnya kalo lulus dari SD ini hanya bisa masuk SMP itu. Terus kalo dari SMP itu hanya bisa masuk SMA yang tertentu juga.Dari kecil mereka sudah dipaksa belajar dengan keras dan diarahkan supaya mereka bisa masuk ke sekolah yang dituju.Nah, sekarang ini banyak kasus yang meledak hingga banyak orang tua yang takut sama anak. Anak – anak jadi galak, mulai tidak mau sekolah gara – gara tekanan dan didikan dari kecil.Misalnya dari TK A, pilihan SD nya sudah terbatas, demikian juga kalo mau ke SMP, SMA.Bahkan sampai Universitasnya terbatas.
Jadi orang tua peranannya besar, mulai dari kecil untuk mendidik lebih keras.Faktor ini yang membuat kegagalan menjadi besar, lingkunganlah yang membuat kegagalan jadi besar.Kalo kita kan berfikir tidak naik kelas saja kok bunuh diri. Bagi mereka itu suatu rentetan masa depan. Ini yang jadi masalah, malu terhadap teman – teman, takut terhadap orang tua.Jadi orang tua sekarang takut anak mereka nekat – nekat.Bukan Cuma takut mereka nekat bunuh diri tapi juga mereka bisa menganiaya orang tuanya sendiri.
Sifat bunuh diri itu memang sifat turun temurun dari zaman perang.Kasus bunuh diri ini tiap hari pasti ada di seluruh jepang.Gambaran pahlawan yang paling berpengaruh itu dari zamannya Perang Dunia II.Banyak orang yang masuk cerobong Kamikaze, pesawat yang mereka awaki dijatuhkan ke cerobong kapal perang musuh sampai meledak dan tenggelam.
Itu mereka bilang mati terhormat.Jadi bukan kecewa tapi mengorbankan diri.Tapi itu kan situasi yang mendesak, lebih baik ikut daripada dibilang penakut. Jadi kuncinya ya balik lagi ke rasa malu terhadap diri sendiri.Kamikaze itu satu pola resmi, suatu pasukan untuk bunuh diri.Jadi mereka menyiapkan diri untuk mati.Itu yang mati mulai umur 16 sampai 20 tahunan.
Bedanya dengan bom bunuh diri, kamikaze tidak bikin terror.Pokoknya ada hubungannya dengan kesatriaan .seperti samurai, kalau kalah dan tidak terbunuh pasti malu. Kalau teroris itu sakit hati dengan orang, pasang bom di badan sendiri terus membunuh banyak orang.Kalo kamikaze ya membunuh badan sendiri.
Beda dengan di negeri kita, banyak sekali yang bunuh diri karena putus cinta atau kondisi ekonomi.Kalau di Jepang justru karena malu, sudah berusaha dengan keras tapi masih gagal.Kalo putus cinta bukan karakter heorik tapi keputusasaan.Dan mereka sebenarnya bukan orang yang cepat putus asa.
Kenapa di jepang sampai ada fenomena seperti itu, karena di sana tidak ada peran agama. Di sekolah tidak diajarkan pelajaran agama, sehingga generasi muda Jepang sekarang ini bisa dibilang tidak punya agama. Kalo dulu dirumah orang – orang tua masih kelihatan ada tempat – tempat untuk sembahyang agama Shinto.
Sekarang sudah tidak ada.Jadi sudah seperti atheis.Ciri – cirinya yang paling kelihatan, mereka menikah secara Kristen atau Katholik di gereja, ikut merayakan Natal, mereka percaya Tuhan, tapi mereka tidak tahu peran Tuhan dalam hidup mereka, tidak tahu hukum – hukum Tuhan.
Jadi mereka cuma tahu Tuhan itu yang menciptakan.Hanya itu.Yang menentukan hidup mereka di dunia ini hanya jerih payah mereka.Urusannya nanti setelah mati mereka ke mana itu ada.Kalau mereka berbuat baik ya bisa masuk surga, kalau jahat masuk neraka .mereka bisa menikah secara Kristen, meninggal secara Shinto. Jadi agama itu bukan satu way of life mereka.Jadi yang perlu ditanamkan pada anak – anak kita itu agama harus dijadikan way of life.
Orang zaman dulu lebih tahan dengan konflik.Lain dengan anak – anak zaman sekarang, begitu ada konflik sedikit sudah tidak tahan dan lebih mudah bunuh diri.Figthing spirit nya lemah.
Sebenarnya benteng terkahirnya keluarga, tapi semua keluarga di Jepang menganut hal yang sama. Mereka memang tidak punya sifat pasrah, pasrah kepada Tuhan atau pasrah terhadap masalah.Nah, pola keluarga seperti itu sudah mulai masuk ke sini. Waktu mereka dengan keluarga itu sedikit, bisa – bisa dampaknya sama seperti di Jepang. Seperti Jepang kira – kira 20 tahun lalu. Orang kerja dari pagi sampai malam.Anak – anak tidak diarahkan.
Bunuh diri di jepang sekarang banyak pengaruh darichatting internet. Mereka saling berhubungan dan saling mengajak bunuh diri sama– sama. Sering mereka bunuh diri sama– sama di dalam mobil. Ini yang lagi tren.Makanya sekarang di Jepang banyak di bangun tempat bermain anak – anak, lapangan – lapangan dengan pelatih – pelatih, untuk menjauhkan anak – anak dari chatting atau email tidak terarah melalui internet.
Kemudian mereka dihimbau untuk mengurangi nonton film, karena banyak anak – anak bunuh diri dengan cara gantung diri karena menonton film. Film – film drama pada umumnya. Ada kasus anak kecil ( SD ) bunuh orang, karena dia berpikir orang yang dibunuh di suatu film bisa hidup lagi di film lain. Jadi dia bunuh orang karena dia berpikir orang itu bisa hidup lagi di tempat lain. Itu semua karena orang tua tidak pernah mengajarkan atau memberi pengertian yang sebenarnya.
Jadi sekarang mereka banyak dihimbau untuk bermain diluar, bersosialisasi, membagi waktu. Jepang bagus sekali untuk dijadikan acuan untuk mengantisipasi kejadian yang sama di Negara kita. Anehnya olahragawan jarang bunuh diri, yang banyak itu yang kurang bersosialisasi.
IlmuwanTemukan Cara Melucuti Virus AIDS
B
ERBAGAI upayauntukmelawanpenyakitacquired immune deficiency syndrome ( AIDS ) terusdilakukan. Baru–baruiniparailmuwantelahmenemukancarauntuk
mencegahhuman immunodeficiency virus ( HIV ) virus penyebab AIDS merusaksistemkekebalantubuh.
Merekamengatakanpenemuanitudapatmenawarkansebuahpendekatanbaruuntukmengembangkanvaksinmelawan AIDS.
PenelitidariAmerikaSerikatdanEropa yang tengahbekerja di laboratorium HIV menemukan virus tidakdapatmerusaksistemkekebalantubuhjikakolestroldihapusdarimembranvirus.
“inisepertitentara yang telahkehilangansenjata, tetapimasihmemilikibenderasehinggapasukan lain dapatmengenalidanmenyerang,” kata Adriano Boassodari Imperial College London, yang memimpinpenelitian.
Tim penelitikiniberencanamenyelidikibagaimanamenggunakancaratersebutuntukmenonaktifkan virus danmengembangkannyamenjadivaksin. Biasanya, ketikaseseorangterinfeksi HIV, responsbawaankekebalantubuhmenempatkansebuahpertahanansecaralangsung.Akan tetapi, beberapapenelitipercaya.HIV menyebabkansistemkekebalantubuhbawaanbereaksiberlebihan.
Hal inimelemahkanpertahanansistemkekebalantubuhpadabarisberikutnya, yang dikenalsebagairesponsimunadaptif.Studitersebutditerbitkandalamjurnalblood, senin( 19/9). Tim
Boassomenghapuskolestroldarimembrandi sekitarvirusdanmenemukanbahwahalitumenghentikan HIV memicuresponsimunbawaan.Hal tersebutpadagilirannyamenyebabkanresponsadaptifkuat, yang diaturjenisselkekebalan yang disebutsel T.
AIDS membunuhsekitar 1,8juta orang di seluruhduniadalamsetahun. Diperkirakan 2,6juta orang tertular HIV pada 2009, dan 33,3 juta orang hidupdengan virus. Produsenutamaobat HIV saatinidiantaranya Gilead Bristol, Myers Squibb, Merck, Pfizer, danGlaxosmithkline.
Para ilmuwandariperusahaan, lembaganon-profit, danpemerintah di seluruhduniatelahmengadakanpercobaanselamabertahun–tahununtukmembuatvaksinterhadap HIV.Namunsejauhiniituhanyamemilikikeberhasilan yang terbatas.
Sebuahstudipada 2009 di Thailand, yang melibatkan 16 ribusukarelawan, menunjukkanuntukpertamakalinyavaksinbisamencegahinfeksi HIV padabeberapa orang. Namunkarenakeberhasilanituhanya 30%, parapenelitimasihharusmencarisolusi yang lebihefektif.
Padameilalu, timdariAmerika yangbekerjadalamsebuaheksperimen HIV menyatakanbahwatemuanitumembantumonyetdenganbentukkontrolinfeksi virus AIDS selamalebihdarisetahun, keberhasilaninidiharapkanbisamengarahkepadapembentukanvaksinuntukmanusia.
Virus licik.
HIV menyebardalambanyakcara, sepertilewathubunganseksual, penggunaanjarumsuntikbersama yang dilakukanpenggunanarkoba, melalui air susuibu, danalirandarah. Tidakadacaratunggaldanmudahuntukmencegahinfeksi.
Virus inijugabermutasidengancepatdandapatbersembunyidarisistemkekebalantubuh, sertamenyerangsel–sel yang bertugasmemerangi virus tersebut.
" HIV sangatlicik, " kata Boassodalamsebuahpernyataan. " Virus inimenghindardaripertahanantubuhtuanrumahdenganmemicuresponsberlebihan yang merusaksistemkekebalan. InisepertimenjalankanmobilAnda di gigipertamaterlalu lama, akhirnyamesin pun padam ."
Ia pun mengatakanhalitumungkinmenjadialasanmengapamengembangkanvaksintelahterbuktibegiturumit. "kebanyakanvaksinperdanaresponsadaptifuntukmengenalipenyerbu, tapisulituntukbekerjajika virus memicumekanisme lain yang melemahkanresponsadaptif, " terangnya.
HIV mengambilmembrandarisel yang terinfeksi.Membrantersebutmengandungkolestrol, yang membantumenjagacairandanmemungkinkannyauntukberinteraksidengansel–seldarijenistertentu.
Normalnyaselkekebalan yang disebutplasmacytoid dendritic cel (PDC). Mengenali HIV secaracepatdanbereaksidenganmemproduksimolekulsinyal yang disebut interferon.Sinyaltersebutmengaktifkanberbagai proses yang awalnyamembantu, tetapiakanmerusaksistemkekebalantubuhjikadiaktifkanterlalu lama.
SelamabekerjadenganilmuwanJohns Hopkins University, University of Milan danUniversitas Innsbruck, timboassomenemukan, jikakolestroldikeluarkandari 'amplop' HIV, virus tidakdapatlagimengaktifkan PDC. Akibatnyasel T, yang mengaturresponsadaptif , dapatmelawan virus secaralebihefektif.
ERBAGAI upayauntukmelawanpenyakitacquired immune deficiency syndrome ( AIDS ) terusdilakukan. Baru–baruiniparailmuwantelahmenemukancarauntuk
mencegahhuman immunodeficiency virus ( HIV ) virus penyebab AIDS merusaksistemkekebalantubuh.
Merekamengatakanpenemuanitudapatmenawarkansebuahpendekatanbaruuntukmengembangkanvaksinmelawan AIDS.
PenelitidariAmerikaSerikatdanEropa yang tengahbekerja di laboratorium HIV menemukan virus tidakdapatmerusaksistemkekebalantubuhjikakolestroldihapusdarimembranvirus.
“inisepertitentara yang telahkehilangansenjata, tetapimasihmemilikibenderasehinggapasukan lain dapatmengenalidanmenyerang,” kata Adriano Boassodari Imperial College London, yang memimpinpenelitian.
Tim penelitikiniberencanamenyelidikibagaimanamenggunakancaratersebutuntukmenonaktifkan virus danmengembangkannyamenjadivaksin. Biasanya, ketikaseseorangterinfeksi HIV, responsbawaankekebalantubuhmenempatkansebuahpertahanansecaralangsung.Akan tetapi, beberapapenelitipercaya.HIV menyebabkansistemkekebalantubuhbawaanbereaksiberlebihan.
Hal inimelemahkanpertahanansistemkekebalantubuhpadabarisberikutnya, yang dikenalsebagairesponsimunadaptif.Studitersebutditerbitkandalamjurnalblood, senin( 19/9). Tim
Boassomenghapuskolestroldarimembrandi sekitarvirusdanmenemukanbahwahalitumenghentikan HIV memicuresponsimunbawaan.Hal tersebutpadagilirannyamenyebabkanresponsadaptifkuat, yang diaturjenisselkekebalan yang disebutsel T.
AIDS membunuhsekitar 1,8juta orang di seluruhduniadalamsetahun. Diperkirakan 2,6juta orang tertular HIV pada 2009, dan 33,3 juta orang hidupdengan virus. Produsenutamaobat HIV saatinidiantaranya Gilead Bristol, Myers Squibb, Merck, Pfizer, danGlaxosmithkline.
Para ilmuwandariperusahaan, lembaganon-profit, danpemerintah di seluruhduniatelahmengadakanpercobaanselamabertahun–tahununtukmembuatvaksinterhadap HIV.Namunsejauhiniituhanyamemilikikeberhasilan yang terbatas.
Sebuahstudipada 2009 di Thailand, yang melibatkan 16 ribusukarelawan, menunjukkanuntukpertamakalinyavaksinbisamencegahinfeksi HIV padabeberapa orang. Namunkarenakeberhasilanituhanya 30%, parapenelitimasihharusmencarisolusi yang lebihefektif.
Padameilalu, timdariAmerika yangbekerjadalamsebuaheksperimen HIV menyatakanbahwatemuanitumembantumonyetdenganbentukkontrolinfeksi virus AIDS selamalebihdarisetahun, keberhasilaninidiharapkanbisamengarahkepadapembentukanvaksinuntukmanusia.
Virus licik.
HIV menyebardalambanyakcara, sepertilewathubunganseksual, penggunaanjarumsuntikbersama yang dilakukanpenggunanarkoba, melalui air susuibu, danalirandarah. Tidakadacaratunggaldanmudahuntukmencegahinfeksi.
Virus inijugabermutasidengancepatdandapatbersembunyidarisistemkekebalantubuh, sertamenyerangsel–sel yang bertugasmemerangi virus tersebut.
" HIV sangatlicik, " kata Boassodalamsebuahpernyataan. " Virus inimenghindardaripertahanantubuhtuanrumahdenganmemicuresponsberlebihan yang merusaksistemkekebalan. InisepertimenjalankanmobilAnda di gigipertamaterlalu lama, akhirnyamesin pun padam ."
Ia pun mengatakanhalitumungkinmenjadialasanmengapamengembangkanvaksintelahterbuktibegiturumit. "kebanyakanvaksinperdanaresponsadaptifuntukmengenalipenyerbu, tapisulituntukbekerjajika virus memicumekanisme lain yang melemahkanresponsadaptif, " terangnya.
HIV mengambilmembrandarisel yang terinfeksi.Membrantersebutmengandungkolestrol, yang membantumenjagacairandanmemungkinkannyauntukberinteraksidengansel–seldarijenistertentu.
Normalnyaselkekebalan yang disebutplasmacytoid dendritic cel (PDC). Mengenali HIV secaracepatdanbereaksidenganmemproduksimolekulsinyal yang disebut interferon.Sinyaltersebutmengaktifkanberbagai proses yang awalnyamembantu, tetapiakanmerusaksistemkekebalantubuhjikadiaktifkanterlalu lama.
SelamabekerjadenganilmuwanJohns Hopkins University, University of Milan danUniversitas Innsbruck, timboassomenemukan, jikakolestroldikeluarkandari 'amplop' HIV, virus tidakdapatlagimengaktifkan PDC. Akibatnyasel T, yang mengaturresponsadaptif , dapatmelawan virus secaralebihefektif.
Selasa, 17 Mei 2011
KetahananNasionalIndonesia
KetahananNasionalIndonesia
A. PENGERTIAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA.
PengertianketahanannasionalbangsaIndonesiaadalahkondisibangsadinamikIndonesia yang meliputisegenapaspekkehidupannasional yang terintegrasi,berisikeuletandanketangguhan yang mengandungkemampuanmengembangkankekuatannasional, dalammenghadapidanmengatasisegalatantangan, ancaman, hambatan, dangangguanbaik yang datangdariluarmaupundaridalamuntukmenjaminidentitas, integritas, kelangsunganhidupbangsadanNegarasertaperjuanganmencapaitujuannasionalnya.
Olehkarenaituketahanannasionaladalahkondisihidupdankehidupannasional yang harussenantiasadiwujudkandandibinaterusmenerussecarasinergi.Dimulaidarilingkunganterkecilyaitudiripribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, danNegaradengan modal dasarkeuletandanketangguhan yang mampumengembangkankekuatannasional.
HakikatketahanannasionalIndonesiaadalahkeuletandanketangguhanbangsa yang mengandungkemampuanmemperkuatkekuatannasionaluntukdapatmenjaminkelangsunganhidupbangsadanNegaradalammencapaitujuannasional.
HakikatkonsepsiketahanannasionalIndonesiaadalahpengaturandanpenyelenggaraan, kesejahteraandankeamanansecaraseimbang, serasidanselarasdalamaspekhidupdankehidupannasional.
B. ASAS – ASAS KETAHANAN NASIONAL INDONESIA
1. Asaskesejahteraandankeamanan.
2. Asaskomprehensif integral ataumenyeluruhterpadu.
3. Asasmawaskedalamdankeluar.
4. Asaskekeluargaan.
C. SIFAT KETAHANAN NASIONAL INDONESIA
1. Mandiri.
Ketahanannasionalbersifatpercayapadakemampuandankekuatansendiridengankeuletandanketangguhan yang mengandungprinsiptidakmudahmenyerahsertabertumpupadaidentitas, integritas, dankepribadianbangsa.
2. Dinamis.
KetahanannasionaltidaklahtetapmelainkandapatmeningkatataumenuruntergantungpadasituasidankondisibangsadanNegarasertakondisilingkunganstrategisnya.
3. Wibawa.
Makin tinggitingkatketahanannasionalIndonesiamakintinggi pula nilaikewibawaannasional yang berartimakintinggitingkatdayatangkal yang dimilikibangsadanNegaraIndonesia.
4. Konsultasidankerjasama.
KonsepsiketahanannasionalIndonesiatidakmengutamakansikapkontrotatifdanantagonistis, tidakmengandalkankekuatandankekuasaanfisiksematatetapilebihpadasikapkonsultatifdankerjasamasertasalingmenghargaidenganmengandalkanpadakekuatan moral dankepribadianbangsa.
D. POLITIK DALAM NEGERI.
Politikdalamnegeriadalahkehidupanpolitikdankenegaraanberdasarkanpancasiladan UUD 1945 yang mampumenyerapaspirasidandapatmendorongpartisipasimasyarakatdalamsatusistem, yang unsur–unsurnyaterdiridari :
a. Strukturpolitik,merupakanwadahpenyaluranpengambilanberupakepentinganmasyarakatdansekaliguswadahdalammenjaring / pengkaderanpimpinannasional.
b. Proses politik, merupakansuaturangkaianpengambilankeputusantentangberbagaikepentinganpolitikmaupunkepentinganumum yang bersifatnaisonaldanpenentuandalampemilihankepemimpinan, yang puncaknyaterselenggaradalampemilu.
c. Budayapolitik, merupakanpencerminanaktualisasihakdankewajibanrakyatdalamkehidupanbermasyarakatberbangsa, bernegara, yang dilaksanakansecarasadardanrasionalbaikmelaluipendidikanpolitikmaupunkegiatan–kegiatanpolitik yang sesuaidengandisiplinnasional.
d. Komunikasipolitik, merupakansuatuhubungantimbalbalikantar–berbagaikehidupanbermasyarakat ,berbangsa, danbernegara, baikrakyatsebagaisumberaspirasimaupun yang bersumberdaripimpinannasional.
E. POLITIK LUAR NEGERI.
Politikluarnegeriadalahsalahsatusaranapencapaiankepentingannasionaldalamhubunganantar–bangsa
Politikluarnegerimerupakanproyeksikepentingannasionalkedalamkehidupanantar–bangsa.DijiwaiolehfalsafahNegaraPancasilasebagaituntutan moral danetika
A. PENGERTIAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA.
PengertianketahanannasionalbangsaIndonesiaadalahkondisibangsadinamikIndonesia yang meliputisegenapaspekkehidupannasional yang terintegrasi,berisikeuletandanketangguhan yang mengandungkemampuanmengembangkankekuatannasional, dalammenghadapidanmengatasisegalatantangan, ancaman, hambatan, dangangguanbaik yang datangdariluarmaupundaridalamuntukmenjaminidentitas, integritas, kelangsunganhidupbangsadanNegarasertaperjuanganmencapaitujuannasionalnya.
Olehkarenaituketahanannasionaladalahkondisihidupdankehidupannasional yang harussenantiasadiwujudkandandibinaterusmenerussecarasinergi.Dimulaidarilingkunganterkecilyaitudiripribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, danNegaradengan modal dasarkeuletandanketangguhan yang mampumengembangkankekuatannasional.
HakikatketahanannasionalIndonesiaadalahkeuletandanketangguhanbangsa yang mengandungkemampuanmemperkuatkekuatannasionaluntukdapatmenjaminkelangsunganhidupbangsadanNegaradalammencapaitujuannasional.
HakikatkonsepsiketahanannasionalIndonesiaadalahpengaturandanpenyelenggaraan, kesejahteraandankeamanansecaraseimbang, serasidanselarasdalamaspekhidupdankehidupannasional.
B. ASAS – ASAS KETAHANAN NASIONAL INDONESIA
1. Asaskesejahteraandankeamanan.
2. Asaskomprehensif integral ataumenyeluruhterpadu.
3. Asasmawaskedalamdankeluar.
4. Asaskekeluargaan.
C. SIFAT KETAHANAN NASIONAL INDONESIA
1. Mandiri.
Ketahanannasionalbersifatpercayapadakemampuandankekuatansendiridengankeuletandanketangguhan yang mengandungprinsiptidakmudahmenyerahsertabertumpupadaidentitas, integritas, dankepribadianbangsa.
2. Dinamis.
KetahanannasionaltidaklahtetapmelainkandapatmeningkatataumenuruntergantungpadasituasidankondisibangsadanNegarasertakondisilingkunganstrategisnya.
3. Wibawa.
Makin tinggitingkatketahanannasionalIndonesiamakintinggi pula nilaikewibawaannasional yang berartimakintinggitingkatdayatangkal yang dimilikibangsadanNegaraIndonesia.
4. Konsultasidankerjasama.
KonsepsiketahanannasionalIndonesiatidakmengutamakansikapkontrotatifdanantagonistis, tidakmengandalkankekuatandankekuasaanfisiksematatetapilebihpadasikapkonsultatifdankerjasamasertasalingmenghargaidenganmengandalkanpadakekuatan moral dankepribadianbangsa.
D. POLITIK DALAM NEGERI.
Politikdalamnegeriadalahkehidupanpolitikdankenegaraanberdasarkanpancasiladan UUD 1945 yang mampumenyerapaspirasidandapatmendorongpartisipasimasyarakatdalamsatusistem, yang unsur–unsurnyaterdiridari :
a. Strukturpolitik,merupakanwadahpenyaluranpengambilanberupakepentinganmasyarakatdansekaliguswadahdalammenjaring / pengkaderanpimpinannasional.
b. Proses politik, merupakansuaturangkaianpengambilankeputusantentangberbagaikepentinganpolitikmaupunkepentinganumum yang bersifatnaisonaldanpenentuandalampemilihankepemimpinan, yang puncaknyaterselenggaradalampemilu.
c. Budayapolitik, merupakanpencerminanaktualisasihakdankewajibanrakyatdalamkehidupanbermasyarakatberbangsa, bernegara, yang dilaksanakansecarasadardanrasionalbaikmelaluipendidikanpolitikmaupunkegiatan–kegiatanpolitik yang sesuaidengandisiplinnasional.
d. Komunikasipolitik, merupakansuatuhubungantimbalbalikantar–berbagaikehidupanbermasyarakat ,berbangsa, danbernegara, baikrakyatsebagaisumberaspirasimaupun yang bersumberdaripimpinannasional.
E. POLITIK LUAR NEGERI.
Politikluarnegeriadalahsalahsatusaranapencapaiankepentingannasionaldalamhubunganantar–bangsa
Politikluarnegerimerupakanproyeksikepentingannasionalkedalamkehidupanantar–bangsa.DijiwaiolehfalsafahNegaraPancasilasebagaituntutan moral danetika
PolitikdanStrategiNasional.
PolitikdanStrategiNasional.
A. PENGERTIAN POLITIK STRATEGI danPOLSTRANAS.
Berasaldaribahasayunaniyaitupolistaia, polis berartikesatuanmasyarakat yang mengurusdirisendiri / berdirisendiri ( Negara ), sedangkantaiaberartiurusan. Dari segikepentinganpenggunaan, kata politikmempunyaiarti yang berbeda–beda, yakni.
a. Dalamartikepentinganumum( politics ).
Politikdalamartikepentinganumumadalahsuaturangkaianasas / prinsip, keadaansertajalan, caradanalat yang akandigunakanuntukmencapaitujuantertentuatausuatukeadaan yang kitakehendakidisertaidenganjalan, caradanalat yang akankitagunakanuntukmencapaikeadaan yang kitainginkan.
b. Dalamartikebijaksanaan ( policy ).
Politikadalahpenggunaanpertimbangan–pertimbangantertentu yang dianggaplebihmenjaminterlaksananyasuatuusaha, cita–cita / keinginanataukeadaan yang kitakehendaki.
Dengandemikianpolitikmembicarakanhal–hal yang berkaitandengan :
1. Negara.
Negaraialahsuatuorganisasidalamsatuwilayah yang memilikikekuasaantertinggi yang ditaatiolehrakyatnya.
2. Kekuasaan.
Kekuasaanadalahkemampuanseseorangataukelompokuntukmempengaruhitingkahlaku orang ataukelompoklainsesuaikeinginannya.
3. Pengambilankeputusan.
Politikadalahpengambilankeputusanmelaluisaranaumum, keputusan yang diambilmenyangkutsektorpublikdarisuatuNegara.Yang perludiperhatikandalampengambilankeputusanpolitikadalahsiapapengambilkeputusanitudanuntuksiapakeputusanitudibuat.
4. Kebijakanumum.
Adalahsuatukumpulankeputusan yang diambilseseorangataukelompokpolitikdalammemilihtujuandancaramencapaitujuanitu.
5. Distribusi.
Adalahpembagiandanpengalokasiannilai–nilai( values ) dalammasyarakat. Nilaiadalahsesuatu yang diinginkandanpenting ,nilaiharusdibagisecaraadil.
Jadidapatdisimpulkanbahwa:
Politiknasionaladalahsuatukebijakanumumdanpengambilankebijakanuntukmencapaisuatucita–citadantujuannasional.
Strateginasionaladalahcaramelaksanakanpolitiknasionaldalammencapaisasarandantujuanditetapkan
B. STRATIFIKASI POLITIK NASIONAL.
StratifikasipolitiknasionaldalamNegaraRepublik Indonesia adalahsebagaiberikut :
1. Tingkat penentukebijakanpuncak.
a. Meliputikebijakantertinggi yang menyeluruhsecaranasionaldanmencakuppenentuanundang–undangdasar. MenitikberatkanpadamasalahmakropolitikBangsadanNegarauntukmerumuskanidamannasionalberdasarkanfalsafahPancasiladan UUD 1945.
b. Dalamhaldankeadaan yang menyangkutkekuasaanKepalaNegarasepertitercantumpadapasal 10 sampai 15 UUD 1945, tingkatpenentukebijakanpuncaktermasukkewenanganpresidensebagaiKepalaNegara. bentukhukumdarikebijakannasional yang ditentukanolehkepala Negara dapatberupadekrit , peraturanataupiagamkepalaNegara.
2. Tingkat kebijakanumum .
Merupakantingkatkebijakan di bawahtingkatkebijakanpuncak, yang lingkupnyamenyeluruhnasionaldanberisimengenaimasalah–masalahmakrostrategigunamencapaiidamannasionaldalamsituasidankondisitertentu.
3. Tingkat penentukebijakankhusus.
Merupakankebijakanterhadapsuatubidangutamapemerintah. Kebijakaniniadalahpenjabarankebijakanumumgunamerumuskanstrategi, administrasi, sistem,prosedurdalambidangtersebut. Wewenangkebijakankhususiniberada di tanganmenteriberdasarkankebijakantingkat di atasnya.
4. Tingkat penentukebijakanteknis.
Kebijakanteknismeliputikebijakandalamsatusektordaribidangutamadalambentukprosedursertateknikuntukmengimplementasikanrencana, program, kegiatan.
5. Tingkat penentukebijakan di daerah.
a. Wewenangpenentuanpelaksanaankebijakanpemerintahpusat di daerahterletakpadaGubernurdalamkedudukannyasebagaiwakilpemerintahpusat di daerahnyamasing–masing.
b. Kepaladaerahberwenangmengeluarkankebijakanpemerintahdaerahdenganpersetujuan DPRD. Kebijakantersebutberbentukperaturandaerah( PERDA )tingkat I dan II. Menurutkebijakan yang berlakusekarang , jabatanGubernurdanBupatiatauWalikotadanKepala Daerah tingkat I atau II disatukandalamsatujabatan yang disebutGubernur / Kepala Daerah tingkat I, Bupati / Kepaladaerahtingkat II atauWalikota / Kepala Daerah tingkat II.
C. POLITIK PEMBANGUNAN NASIONAL dan MANAJEMEN NASIONAL
1. Makna Pembangunan Nasional.
Pembangunan nasionalmerupakanusaha yang dilakukanuntukmeningkatkan
KualitasmanusiadanmasyarakatIndonesiasecaraberkelanjutandenganmemanfaatkankemajuanilmupengetahuandanteknologisertamemperhatikantantanganperkembangan global.TujuanpembangunannasionalitusendiriadalahsebagaiusahauntukmeningkatkankesejahteraanseluruhBangsa Indonesia.
PelaksanaannyabukanhanyamenjaditanggungjawabpemerintahtetapijugadiperlukanperanaktifseluruhrakyatIndonesia.
2. Manajemennasional.
Manajemennasionalpadadasarnyamerupakanperpaduanantaratatanilai, strukturdan proses untukmencapaidayagunadanhasilgunasebesarmungkindalammenggunakansumberdanadansumberdayanasional demi mencapaitujuannasional.
Secarasederhanaunsur–unsurutamasistemmanajemennasionaldalambidangketatanegaraanmeliputi :
a. Negara.
Sebagaiorganisasikekuasaan, Negaramempunyaihakdankepemilikan, pengaturandanpelayanandalammewujudkancita–citabangsa.
b. BangsaIndonesia.
SebagaiunsurpemilikNegara, berperanmenentukansistemnilaidanarah / haluanNegara yang digunakansebagailandasandanpedomanbagipenyelenggarafungsiNegara.
c. Pemerintah.
Sebagaiunsurmanajerataupenguasa, berperandalampenyelenggaraanfungsi–fungsipemerintahanumumdanpembangunankearahcita – citabangsadankelangsungansertapertumbuhanNegara.
men
d. Masyarakat.
Sebagaiunsurpenunjangdanpemakai ,berperansebagaikontributor, penerimadankonsumenbagiberbagaihasilkegiatanpenyelenggaraanfungsipemerintahan.
D. IMPLEMENTASI POLITIK dan STRATEGI NASIONAL.
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidanghukum:
1. Mengembangkanbudayahukum di semualapisanmasyarakatuntukterciptanyakesadarandankepatuhanhukumdalamkerangkasupremasihukumdantegaknyaNegarahukum.
2. Menegakkanhukumsecarakonsistenuntuklebihmenjaminkepastianhukum, keadilandankebenaran, supremasihukum, sertamenghargaihakasasimanusia.
3. Mewujudkanlembagaperadilanyang mandiridanbebasdaripengaruhpenguasadanpihakmanapun.
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidangekonomi :
1. Mengembangkanpersaingan yang sehatdanadilsertamenghindarkanterjadinyastrukturpasarmonopolistikdanberbagaistrukturpasardistortif, yang merugikanmasyarakat.
2. Mengembangkankebijakanindustriperdagangandaninvestasidalammeningkatkandayasaing global denganmembukaaksesibilitas yang samaterhadapkesempatankerjadanberusahabagisegenaprakyatdanseluruhdaerahmelaluikeunggulankompetitifterutamaberbasiskeunggulansumberdayamanusiadenganmenghapussegalabentukperlakuandiskriminatifdanhambatan.
3. Meningkatkanpenguasaan, pengembangan, danpemanfaatanilmupengetahuandanteknologibangsasendiridalamduniausaha, terutamausahakecil, menengahdankoperasigunameningkatkandayasaingproduk yang berbasissumberdayalokal.
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidangpolitik :
1. MemperkuatkeberadaandankelangsunganNegaraKesatuanRepublik Indonesia yang bertumpupadaBhineka Tunggal Ika.
2. Membangunbangsadanwatakbangsa ( nation and character building )menujubangsadanmasyarakatIndonesia yang maju, bersatu, rukun, damai, demokratis,dinamis, toleran, sejahtera,adildanmakmur
3. Menerapkanprinsippersamaandan anti diskriminatifdalamkehidupanbermasyarakat, berbangsa, danbernegara
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidangagama :
1. Meningkatkankemudahanumatberagamadalammenjalankanibadahnya .
2. Memantapkanfungsi ,perandankedudukan agama sebagailandasan moral, spiritual danetikadalampenyelenggaraanNegara.
3. Meningkatkanfungsidanperanlembaga–lembagakeagamaandalamikutmengatasidampakperubahan yang terjadidalamsemuaaspekkehidupanuntukmemperkokohjatidiribangsa
A. PENGERTIAN POLITIK STRATEGI danPOLSTRANAS.
Berasaldaribahasayunaniyaitupolistaia, polis berartikesatuanmasyarakat yang mengurusdirisendiri / berdirisendiri ( Negara ), sedangkantaiaberartiurusan. Dari segikepentinganpenggunaan, kata politikmempunyaiarti yang berbeda–beda, yakni.
a. Dalamartikepentinganumum( politics ).
Politikdalamartikepentinganumumadalahsuaturangkaianasas / prinsip, keadaansertajalan, caradanalat yang akandigunakanuntukmencapaitujuantertentuatausuatukeadaan yang kitakehendakidisertaidenganjalan, caradanalat yang akankitagunakanuntukmencapaikeadaan yang kitainginkan.
b. Dalamartikebijaksanaan ( policy ).
Politikadalahpenggunaanpertimbangan–pertimbangantertentu yang dianggaplebihmenjaminterlaksananyasuatuusaha, cita–cita / keinginanataukeadaan yang kitakehendaki.
Dengandemikianpolitikmembicarakanhal–hal yang berkaitandengan :
1. Negara.
Negaraialahsuatuorganisasidalamsatuwilayah yang memilikikekuasaantertinggi yang ditaatiolehrakyatnya.
2. Kekuasaan.
Kekuasaanadalahkemampuanseseorangataukelompokuntukmempengaruhitingkahlaku orang ataukelompoklainsesuaikeinginannya.
3. Pengambilankeputusan.
Politikadalahpengambilankeputusanmelaluisaranaumum, keputusan yang diambilmenyangkutsektorpublikdarisuatuNegara.Yang perludiperhatikandalampengambilankeputusanpolitikadalahsiapapengambilkeputusanitudanuntuksiapakeputusanitudibuat.
4. Kebijakanumum.
Adalahsuatukumpulankeputusan yang diambilseseorangataukelompokpolitikdalammemilihtujuandancaramencapaitujuanitu.
5. Distribusi.
Adalahpembagiandanpengalokasiannilai–nilai( values ) dalammasyarakat. Nilaiadalahsesuatu yang diinginkandanpenting ,nilaiharusdibagisecaraadil.
Jadidapatdisimpulkanbahwa:
Politiknasionaladalahsuatukebijakanumumdanpengambilankebijakanuntukmencapaisuatucita–citadantujuannasional.
Strateginasionaladalahcaramelaksanakanpolitiknasionaldalammencapaisasarandantujuanditetapkan
B. STRATIFIKASI POLITIK NASIONAL.
StratifikasipolitiknasionaldalamNegaraRepublik Indonesia adalahsebagaiberikut :
1. Tingkat penentukebijakanpuncak.
a. Meliputikebijakantertinggi yang menyeluruhsecaranasionaldanmencakuppenentuanundang–undangdasar. MenitikberatkanpadamasalahmakropolitikBangsadanNegarauntukmerumuskanidamannasionalberdasarkanfalsafahPancasiladan UUD 1945.
b. Dalamhaldankeadaan yang menyangkutkekuasaanKepalaNegarasepertitercantumpadapasal 10 sampai 15 UUD 1945, tingkatpenentukebijakanpuncaktermasukkewenanganpresidensebagaiKepalaNegara. bentukhukumdarikebijakannasional yang ditentukanolehkepala Negara dapatberupadekrit , peraturanataupiagamkepalaNegara.
2. Tingkat kebijakanumum .
Merupakantingkatkebijakan di bawahtingkatkebijakanpuncak, yang lingkupnyamenyeluruhnasionaldanberisimengenaimasalah–masalahmakrostrategigunamencapaiidamannasionaldalamsituasidankondisitertentu.
3. Tingkat penentukebijakankhusus.
Merupakankebijakanterhadapsuatubidangutamapemerintah. Kebijakaniniadalahpenjabarankebijakanumumgunamerumuskanstrategi, administrasi, sistem,prosedurdalambidangtersebut. Wewenangkebijakankhususiniberada di tanganmenteriberdasarkankebijakantingkat di atasnya.
4. Tingkat penentukebijakanteknis.
Kebijakanteknismeliputikebijakandalamsatusektordaribidangutamadalambentukprosedursertateknikuntukmengimplementasikanrencana, program, kegiatan.
5. Tingkat penentukebijakan di daerah.
a. Wewenangpenentuanpelaksanaankebijakanpemerintahpusat di daerahterletakpadaGubernurdalamkedudukannyasebagaiwakilpemerintahpusat di daerahnyamasing–masing.
b. Kepaladaerahberwenangmengeluarkankebijakanpemerintahdaerahdenganpersetujuan DPRD. Kebijakantersebutberbentukperaturandaerah( PERDA )tingkat I dan II. Menurutkebijakan yang berlakusekarang , jabatanGubernurdanBupatiatauWalikotadanKepala Daerah tingkat I atau II disatukandalamsatujabatan yang disebutGubernur / Kepala Daerah tingkat I, Bupati / Kepaladaerahtingkat II atauWalikota / Kepala Daerah tingkat II.
C. POLITIK PEMBANGUNAN NASIONAL dan MANAJEMEN NASIONAL
1. Makna Pembangunan Nasional.
Pembangunan nasionalmerupakanusaha yang dilakukanuntukmeningkatkan
KualitasmanusiadanmasyarakatIndonesiasecaraberkelanjutandenganmemanfaatkankemajuanilmupengetahuandanteknologisertamemperhatikantantanganperkembangan global.TujuanpembangunannasionalitusendiriadalahsebagaiusahauntukmeningkatkankesejahteraanseluruhBangsa Indonesia.
PelaksanaannyabukanhanyamenjaditanggungjawabpemerintahtetapijugadiperlukanperanaktifseluruhrakyatIndonesia.
2. Manajemennasional.
Manajemennasionalpadadasarnyamerupakanperpaduanantaratatanilai, strukturdan proses untukmencapaidayagunadanhasilgunasebesarmungkindalammenggunakansumberdanadansumberdayanasional demi mencapaitujuannasional.
Secarasederhanaunsur–unsurutamasistemmanajemennasionaldalambidangketatanegaraanmeliputi :
a. Negara.
Sebagaiorganisasikekuasaan, Negaramempunyaihakdankepemilikan, pengaturandanpelayanandalammewujudkancita–citabangsa.
b. BangsaIndonesia.
SebagaiunsurpemilikNegara, berperanmenentukansistemnilaidanarah / haluanNegara yang digunakansebagailandasandanpedomanbagipenyelenggarafungsiNegara.
c. Pemerintah.
Sebagaiunsurmanajerataupenguasa, berperandalampenyelenggaraanfungsi–fungsipemerintahanumumdanpembangunankearahcita – citabangsadankelangsungansertapertumbuhanNegara.
men
d. Masyarakat.
Sebagaiunsurpenunjangdanpemakai ,berperansebagaikontributor, penerimadankonsumenbagiberbagaihasilkegiatanpenyelenggaraanfungsipemerintahan.
D. IMPLEMENTASI POLITIK dan STRATEGI NASIONAL.
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidanghukum:
1. Mengembangkanbudayahukum di semualapisanmasyarakatuntukterciptanyakesadarandankepatuhanhukumdalamkerangkasupremasihukumdantegaknyaNegarahukum.
2. Menegakkanhukumsecarakonsistenuntuklebihmenjaminkepastianhukum, keadilandankebenaran, supremasihukum, sertamenghargaihakasasimanusia.
3. Mewujudkanlembagaperadilanyang mandiridanbebasdaripengaruhpenguasadanpihakmanapun.
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidangekonomi :
1. Mengembangkanpersaingan yang sehatdanadilsertamenghindarkanterjadinyastrukturpasarmonopolistikdanberbagaistrukturpasardistortif, yang merugikanmasyarakat.
2. Mengembangkankebijakanindustriperdagangandaninvestasidalammeningkatkandayasaing global denganmembukaaksesibilitas yang samaterhadapkesempatankerjadanberusahabagisegenaprakyatdanseluruhdaerahmelaluikeunggulankompetitifterutamaberbasiskeunggulansumberdayamanusiadenganmenghapussegalabentukperlakuandiskriminatifdanhambatan.
3. Meningkatkanpenguasaan, pengembangan, danpemanfaatanilmupengetahuandanteknologibangsasendiridalamduniausaha, terutamausahakecil, menengahdankoperasigunameningkatkandayasaingproduk yang berbasissumberdayalokal.
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidangpolitik :
1. MemperkuatkeberadaandankelangsunganNegaraKesatuanRepublik Indonesia yang bertumpupadaBhineka Tunggal Ika.
2. Membangunbangsadanwatakbangsa ( nation and character building )menujubangsadanmasyarakatIndonesia yang maju, bersatu, rukun, damai, demokratis,dinamis, toleran, sejahtera,adildanmakmur
3. Menerapkanprinsippersamaandan anti diskriminatifdalamkehidupanbermasyarakat, berbangsa, danbernegara
Implementasipolitikdanstrateginasional di bidangagama :
1. Meningkatkankemudahanumatberagamadalammenjalankanibadahnya .
2. Memantapkanfungsi ,perandankedudukan agama sebagailandasan moral, spiritual danetikadalampenyelenggaraanNegara.
3. Meningkatkanfungsidanperanlembaga–lembagakeagamaandalamikutmengatasidampakperubahan yang terjadidalamsemuaaspekkehidupanuntukmemperkokohjatidiribangsa
Langganan:
Postingan (Atom)